22 August 2006

Belinyu Bangka Kota Kelahiranku Tercinta


Belinyu Bangka, terletak di bagian utara dari pulau bangka, yang berbatasan dengan Laut Natuna. Sebuah kota kecil dengan nama kota Belinyu, 86 Km dari ibukota propinsi Babel (Bangka Belitung) yaitu Pangkal Pinang. Kota Belinyu merupakan salah satu kecamatan yang ada di propinsi Babel.

Ya...sebuah kota kecamatan kecil, tempat dimana saya dibesarkan dan tempat dimana saya bercengkrama semasa kecil. Tidaklah susah untuk mencari suatu lokasi di Belinyu. Karena memang luasnya tidak seberapa. Dengan sebuah sepeda motor saja, kamu bisa mengelilingi semua tempat di Kota Belinyu. Memang dari tahun ke tahun kota Belinyu selalu berkembang. Percaya tidak percaya, sekarang ini di kecamatan Belinyu, sudah banyak sekali bangunan 3-4 tingkat. Tapi jangan salah, bangunan itu bukan berupa bangunan perkantoran ataupun ruko-ruko. Tapi hanyalah bangunan untuk sarang burung walet. Selain tak berjendela, fungsi gedung itu sebagai hunian burung walet ditandai dengan jajaran lubang ventilasi dari pipa paralon. Sebagian gedung walet juga dimanfaatkan untuk rumah tinggal atau toko, khususnya pada lantai satu dan dua, sedangkan beberapa tingkat di atasnya difungsikan untuk hunian burung walet.

Selain itu, Di kota Belinyu terdapat juga tempat wisata Phak Kak Liang,Suatu kawasan yang berbentuk bangunan China yang dibangun diatas eks kolong timah dengan luas sekitar 2 ha oleh pengusaha, sebagai tempat peristirahatan bagi pengunjung yang datang ke daerah Belinyu, sambil menikmati bangunan yang unik seperti berada di Hongkong atau Taiwan. Cuma sekarang lokasi itu sudah tidak begitu terawat...Sungguh disayangkan sekali.

Di Kota Belinyu juga terdapat sebuah Gua maria untuk berdoa bagi umat Kristiani.Gua yang berlokasi di Paroki St Maria Dikandung Tanpa noda dan berada di belakang sekolah yang sederhana empat saya sekolah dulu. Ini sangat menarik perhatian para peziarah-peziarah yang dari luar kota Belinyu ataupun dari luar pulau Bangka.Gua yang lumayan besar dan luas ini berlokasi di Jln.Mayor Syafri Rachman tepatnya di Paroki St Perawan Maria Dikandung Tanpa Noda.Bagi yang berlibur dari kota lain ke pulau Bangka khususnya ke kota Belinyu, boleh juga mengunjungi gua ini...


Pantai-pantai di Kota Belinyu juga banyak dijadikan tempat untuk berekreasi dan berlibur. Sebut saja pantai Remodong, pantai Pesaren, pantai Penyusuk. Tetapi akhir-akhir ini banyak pantai yang tidak terawat lagi sehingga pantai tersebut jarang dikunjungi oleh pengunjung.

Pelabuhan yang ada di kota belinyu terletak di Tanjung Gudang, yang dulunya merupakan pantai Mantung, Tetapi sejak dijadikan sebagai pelabuhan, pantai ini berubah fungsi, tetapi tidak jarang juga masyarakat pada hari libur berekreasi ke sana.

Belinyu oh Belinyu...Kota kenang-kenangku penuh suka-duka, "Saya lahir di sana, saya dibesarkan di sana, akankah saya akan mati di sana juga ?, saya tidak tahu.... Ikutlah angin yang berhembus....."




Galeries pulau Bangka tercinta...........










8 comments:

  1. jd kngen belinyu setelah melihat situs ini....
    bangka id the best

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. Mbak. Santa. Can u send me any info of bangka belitung, I wish I can reach there someday. Tq. Indratanjungbarus@yahoo.com

      Delete
  3. Gents. Can u send me some info of this lovely belinyu, wishing I can get there one day? It is nice beach. Please send info to indratanjungbarus@yahoo.com

    ReplyDelete
  4. Belinyu emang menarik bagi para wisatawan atopun pendatang yg hanya menetap beberapa hari saja.
    Tapi sungguh2 kota yg membosankan jika akan tinggal untuk jangka waktu yg lbh panjang.

    ReplyDelete
  5. Belinyu bagaikan intan yang belum terasah oleh para investor

    ReplyDelete