18 September 2006

Selamat Datang di Duniaku, Dunia Unlimited


Pernah dengar iklan yang berbunyi "Selamat datang di duniaku, selamat datang di dunia unlimited" ?, Iklan itu muncul pas di masa-masa piala dunia 2006. Apa itu dunia unlimited?, unlimited berarti tak ada batasnya, Dunia unlimited bisa diartikan dunia tanpa ada batas. Benarkah kalau dunia itu tanpa batas?. Bukankah itu sebuah pertanyaan yang bisa kita jawab untuk jaman sekarang ini.

Mungkin kalau boleh daya katakan, kalau saya mengenal internet, saya mengenal teknologi, maka saya semakin dekat dengan dunia tanpa batas. Apa sebabnya ?, lihat saja apa yang bisa saya lakukan dengan e-mail ?, apa yang bisa saya lakukan dengan chating ?, apa yang bisa dilakukan dengan mailing list ?, apa yang bisa dilakukan dengan forum terbuka ?, apa yang bisa dilakukkan dengan video-conference ?, dll-nya.

Dunia semakin sempit rasanya dengan kehadiran teknologi-teknologi yang semakin memungkinkan. Jaman dulu, pernahkah orang kepikiran kalau sampai hari ini orang bisa berkomunukasi dengan bertatap muka 4 mata dengan jarak yang sangat jauh ?, misalnya antar negara?, antar benua?. Apakah terlintas di pikiran mereka kalau mereka bisa mengirim surat dengan waktu 20 detik sampai pada tujuan ?.

Kini dengan kehadiran teknologi 3G, semakin mudahlah manusia berinteraksi dengan manusia di belahan dunia. 3G membuat sistem transfer data semakin mudah dan murah. Dengan demikian maka teknologi video streaming, game online, lagu, video conference, dan lain sebagainya akan terasa mudah dan cepat. Dengan begitu kita tidak akan heran lagi kalau kita menonton TV di Handphone, kita bisa menelepon dengan menatap muka orang yang kita aja bertelepon.

Di Indonesia sendiri, teknologi 3G sudah mulai diimplementasikan, walapun sempat tertinggal dengan negara-negara maju seperti Jepang atau negara2 eropa. Akhir2 ini kita juga mendengar kalau Telkomsel terpilih sebagai vendor yang akan mengimplementasikan 3G di Indonesia. Telkomsel juga sudah bekerja sama dengan jaringan TV lokal untuk menyediakan akses mobile TV, seperti Metro TV, Trans TV, SCTV. Demikian juga dengan Handphone-Handphone yang bermunculan sekarang sudah banyak yang mendukung teknologi 3G, sebut saja Nokia 7370, Nokia N70, Nokia 6630,Sony-Ericsson K610i, Sony Ericsson M600i, dll-nya. Mungkin masalah yang akan dihadapi kita kalau menggunkan teknologi ini adalah masalah coverage. Karena maasih teknoloagi baru (di Indonesia), mungkin tidak semua area sudah mendukung area 3G, terutama di daerah-daerah. Tetapi dengan berjalannya waktu, semua itu pasti akan teratasi.

Kini, semuanya menjadi mudah dan murah, apa yang kamu mau ?, bagaimanapun juga semakin canggih suatu teknologi semakin banyak juga yang akan menyalah gunakannya. Gunakan teknologi untuk sesuatu yang positif. Jangan sampai menjadi korban kecanggihan teknologi !!.


:: Selamat Datang di Dunia Unlimited ::

0 comments:

Post a Comment