08 May 2006

Bisakah Saya Mengikuti Teknologi

Teringat masa kecil sewaktu masih sekolah di tingkat dasar (SD). Di kala itu sebagai anak-anak yang normal, saya mengalami masa-masa bermain. Kala itu permainan yang masih diingat adalah seperti, bermain kelereng, bermain petak umpet, bermain lempar batu, atau bermain tepok gambar. Itulah masa-masa terindah yang masih melekat kuat di memori otakku. Permainan yang membuat saya menjalani hidup sebagai seorang anak kecil merasa bahagia. Kapan saya bisa bermain seperti permainan pada waktu saya masih kecil


Tapi sepertinya permainan seperti itu sudah sangat jarang ditemukan sekarang ini. Banyak anak-anak kecil jaman sekarang tidak menemui permainan seperti itu lagi. Saya tidak tahu apa mainan anak kecil yang dominan untuk anak-anak yang di jaman sekarang ini, khususnya di kota kecil tempat kelahiranku. Yang pernah saya lihat waktu saya pulang ke kampung halaman adalah : bermain Playstation. Kalau dibandingkan dengan saya, sewaktu seusia mereka, yang namanya Game Watch aja ngak tau itu apa. Tapi jaman di bumi ini telah banyak membuat perubahan-perubahan yang luar biasa dalam hidup. Bandingkan saja HP yang ada sekarang ini dengan HP 5-7 tahun yang lalu, bandingkan dulu kita mendengarkan musik membawa walkman seberat +-1/2kg dengan bentuk fisik yang besar dan makan tempat, sekarang orang bisa membawa MP3 player segede jari telunjuk. Bandingkan juga dulu kita mengirim surat dengan bantuan pak pos, dan membutuhkan waktu +- 3-7 hari untuk mencapai tujuan, sekarang kita bisa mengirim email dengan waktu kurang dari 10 detik. WoW......., Ada apa dengan teknologi??

Sebelum merantau ke Jakarta, saya termasuk orang yang tidak mengetahui perkembangan teknologi, walaupun dulu saya dikenal sebagai seseorang yang suka mengotak-atik (memperbaiki) alat-alat elektronik (sekedar Hobies saja). Sebagian besar wakt remajaku dihabiskan untuk membongkar pasang alat-alat elektronik, tanpa ada hasil apa-apa...^_^, tapi paling tidak saya sudah dibuat mengerti tentang cara kerjanya. Merantau ke Jakarta juga membuat saya mengikuti teknologi, walaupun cuma sedikit-dikit. Saya mencoba belajar tentang apa yang orang sebut sebagai INTERNET. Dan ada apa di dalam internet. Ternayata saya menemukan banyak sekali di dalam Internet. Di internet ada email, ada situs, ada chating, ada blog, ada gambar-gambar syur ^_^ ada lain-lainnya. Saya berjuang habis-habisan penuh dengan dukacita belajar membuat website, belajar supaya webite bisa tampil lebih interaktif, belajar bahasa pemrograman tingkat tinggi komputer. Yang masih diimpikan adalah belajar tentang hardware, seperti Micopoccessor. Kapan ya saya bisa membuat sofware dan hardware dan menjadi robot yang canggih yang akan menggantikan manusia ^_^. Semoga waktu yang menentukannya dan semoga jiwaku mau menerima ilmu-ilmu itu.

Kira-kira 30 tahun lagi gimana ya perkembangan teknologi di dunia ini??, saya benar-benar tidak bisa membayangkan akan kayak gimana. Coba kira berangan-angan kalau waktu itu semua kendaraan di dunia ini tidak menyentuh tanah alias terbang. Di atas langit sangat ramai dengan rambu-rambu lalu lintas. Semua serba otomatis, tidak ada lagi polusi, tidak ada lagi pengemis, tidak adalagi tindak kriminal, dan yang paling canggih adalah presidennya adalah sebuah robot dan semua manusia akan dikendalikan olehnya melalui chip yang ditanamkan di tiap-tiap orang.Ha....ha......ha..........Siapkah Saya menghadapinya?, mari kita tanya dengan waktu...

Selamat menjalankan kehidupan sehari-hari dengan teknologi.


0 comments:

Post a Comment