17 August 2008

17 Agustus adalah Merdeka


Tujuh belas agustus tahun empat lima, itulah hari kemerdekaan kita, hari merdeka nusa dan bangsa, hari lahirnya bangsa indonesia...

Sepenggal lagu ciptaan H. Mutahar. Lagu yang menegaskan kalau Indonesia telah merdeka, tapi semerdeka apakah Indonesia sekarang ini ?. Apakah dengan kemerdekaanya, Indonesia mampu tumbuh menjadi bangsa yang bebas, bangkit dan bermartabat ? sia-sialah perjuangan para pejuang kemerdekaan Indonesia kalau setelah kemerdekaan yang diperoleh dengan darah dan nyawa, bangsa Indonesia tumbuh menjadi bangsa yang tidak bermartabat, bangsa yang anarkis, bangsa yang tidak dipandang oleh bangsa lain. Bangsa dimana para pemudanya hanya bisa menigisi kemerdekaan dengan hal-hal yang bisa membuat para pejuang kemerdekaan menangis melihatnya. Narkoba ada dimana-mana, tindakan anarkis merajalera di mana-mana, pembunuhan bengis pun tak terlelakkan. Dimanakah moral bangsa ini ?, apakah ini yang dicita-citakan oleh para pejuang kemerdekaan Indonesia ?

Malulah hai kamu yang sekarang ini tidak bermartabat, yang tidak bermoral. Karena kamu tidaklah lebih dari sekumpulan sampah. Apa yang bisa kamu berikan untuk bangsa ini ?, apa yang bangsa ini perlukan dari dirimu ?, bukankah sampah harus dibuang supaya tidak menggangu suasana yang bersih.

Untuk kamu yang sampah, daur ulanglah dirimu supaya bisa menjadi barang yang berfaedah untuk bangsa dan negaramu.


YST, 17 Aug 2008 - Untuk kemerdekaan Indonesia. Merdeka...!!!

0 comments:

Post a Comment