27 December 2008

Vitamin C


Vitamin C adalah vitamin yang paling banyak dikenal dan digemari oleh masyarakat karena rasanya yang manis asam segar dan dipercaya mampu meningkatkan daya tahan tubuh sehingga dapat terhindar dari beberapa penyakit seperti flu, panas dalam bahkan kanker.


Fungsi Vitamin C

Vitamin C adalah jenis vitamin yang larut di dalam air. Di dalam tubuh vitamin C berfungsi sebagai antioksidan yang mampu melindungi tubuh khususnya DNA selular dari kerusakan akibat oksidasi jutaan radikal bebas.

Kebutuhan tubuh terhadap vitamin C setiap harinya berbeda-beda untuk tiap individu, secara umum para ahli memperkirakan 60 mg per hari sudah cukup namun dalam kondisi tertentu tubuh memerlukan lebih dari itu. Perokok pasif dan aktif, wanita yang sedang menyusui, mereka yang mengalami stres fisik sepeti luka bakar, keracunan logam berat, infeksi, dll memerlukan asupan vitamin C lebih banyak.

Asap tembakau yang banyak mengandung bahan kimia berbahaya bagi tubuh menurunkani kadar vitamin C di dalam darah sehingga perokok pasif dan aktif perlu mengkonsumsi vitamin C lebih banyak, sekitar 100 mg per hari, demikian juga dengan wanita yang sedang menyusui.

Untuk memenuhi kebutuhan vitamin C sebanyak 100 mg per hari kita cukup mengkonsumsi vitamin C dengan dosis 250 mg per hari. Vitamin C yang kita konsumsi tidak 100% diserap oleh tubuh tapi hanya 50% saja yang diserap, selebihnya dibuah lewat urin.

Vitamin C juga berfungsi membantu penyerapan zat besi di dalam tubuh, membentuk kolagen, serat dan struktur protein. Kolagen diperlukan oleh tubuh untuk membentuk tulang dan gigi serta jaringan bekas luka.

Vitamin C dapat mengurangi resiko kanker perut dan kanker esophagus ( tenggorokan.

Akibat kelebihan vitamn C

Karena rasanya yang enak dan dianggp bermanfaat bagi tubuh seringkali orang mengkonsumsi vitamin C dalam dosis yang banyak/tinggi, hal ini tidak banyak bermanfaat bagi tubuh bahkan dapat menimbulkan beberapa hal yang merugikan.

Kelebihan vitamin C di dalam tubuh dan darah akan dibuang lewat ginjal. Bila terlalu banyak mengkonsumsi vitamin C akan memberatkan kerja ginjal.

Kebiasaan mengkonsumsi vitamin C berdosis tinggi dalam jangka panjang membuat tubuh terbiasa untuk menghancurkan dan mengeluarkan kelebihan vitamin C. Apabila konsumsi tiba-tiba dihentikan maka tubuh tetap akan mengeluarkan dan menghancurkan setiap vitamin C yang masuk kedalam tubuh. Akibatnya, tubuh akan kekurangan vitamin C.

Kelebihan vitamin C yang dibuang lewat urin akan membuat urin lebih asam. Salah satu hasil metabolit vitamin C adalah asam askorbat, bila asam askorbat berikatan dengan kalsium akan membentuk kalsium askolat yang merupakan cikal bakal batu ginjal.

Dosis yang terlalu tinggi dapat menyebabkan keracunan dalam tubuh dengan gejala mual, kejang perut, diare, sakit kepala, kelelahan dan susah tidur.

Akibat kekurangan vitamin C

Gejala awal dari kekurangan vitamin C adalah timbulnya pendarahan disekitar gigi dan merusak pembuluh darah dibawah kulit, anemia, sering terkena infeksi, kulit menjadi kasar dan kesulitan dalam menyembuhkan luka.

Kekurangan vitamin C dalam jumlah besar berakibat pada sistem syaraf dan ketegangan otot yang dapat menyebabkan kerusakan otot, rasa nyeri, gangguan syaraf dan depresi.

Macam-macam vitamin C

Ester C adalah bentuk vitamin C dengan bahan aktif berupa campuran garam askorbat ditambah hasil metabolisme asam askorbat, bentuk ini dapat memperbaiki pH, meningkatkan obsorpsi dan retensi ( menahan ) vitamin di dalam tubuh. Vitamin C jenis ini baik untuk penderita batu ginjal.

Bagi penderita asam lambung, bentuk vitamin C yang disarankan adalah buffered C yaitu hasil gabungan asam askorbat dengan garam askorbat. Kecepatan absorpsi ke dalam tubuh meningkat dan kadar pH yang dihasilkan 4 – 5.

Sumber vitamin C

Sumber vitamin C terbaik adalah berasal dari sayuran dan buah-buahan seperti strawbery, jeruk, melon, brokoli, pepaya, belimbing, kedondong, kubis, asparagus dan aneka sayuran hijau.

Vitamin C alami dan suplemen vitamin C dalam dosis yang sama memberikan manfaat yang berbeda bagi tubuh karena vitamin C alami mampu memberi perlindungan yang lebih baik bagi tubuh.

sumber : http://kesehatankeluarga.com

0 comments:

Post a Comment