27 September 2006

Hari ini sangat penting


Di sadur dari: "Being Happy" oleh Andrew Matthews bab terakhir

"Sebuah pohon sebesar anda bermula dari sebuah biji yang sangat kecil;
perjalanan sejauh seribu mil bermula dari satu langkah kecil."


Anda adalah apa yang anda pikirkan dan anda perbuat selama beberapa tahun terakhir. Segala yang akan anda alami sepuluh atau dua puluh tahun mendatang akan dipengaruhi oleh apa yang anda lakukan hari ini. Teman anda, keluarga anda, pekerjaan anda, saldo anda di bank, tempat tinggal anda, Semua ini dibentuk oleh apa yang anda pilih untuk anda kerjakan.

Hidup adalah proses membangun. Apa yang anda kerjakan hari ini empengaruhi apa yang anda peroleh esok hari. Hidup tidak terjadi dalam ruang kedap air dua puluh empat jam. Usaha hari ini menentukan hari esok. Apakah anda menghilangkan kebiasaan buruk, apakah anda meluangkan waktu satu jam bersama keluarga, apakah anda menetapkan berapa tujuan, apakah anda menabung atau menghabiskan uang, apakah anda berolah raga, apakah anda mengembangkan pikiran anda, keputusan andalah yang akan membawa perubahan.

Orang bodoh tak pernah melihatnya. Tetapi orang yang cerdik mengetahuinya. Apa yang anda kerjakan hari ini sangat penting.

Anda bisa saja hidup santai dan ceroboh  sementara waktu, tetapi cepat atau lambat, tanggung jawab akan menyusul anda. Kalau anda tidak menghiraukan tagihan yang belum dibayar, pekerjaan yang belum selesai, dan masalah yang belum terpecahkan, anda mungkin masih bisa bertahan sebulan atau lebih. Lalu suatu hari tembok ambruk dan anda heran mengapa pekerjaan anda tidak menarik lagi, tidak ada simpanan di bank, dan setiap orang bersikap tidak ramah pada anda. Itu tandanya hidup mengingatkan anda bahwa hari demi hari membentuk dampak kumulatif.

Di mana pun anda berada, itulah tempat anda untuk mulai. Upaya yang anda lakukan hari ini akan berarti untuk hari esok.

0 comments:

Post a Comment